Sunday, July 12, 2015

EM 4


Rp.50.000 isi 1 liter



Em 4 merupakan suatu cairan berwarna kecoklatan dan beraroma manis asam (segar) yang didalamnya berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan

Produk EM4 Perikanan dan Tambak merupakan kultur EM  yang menguntungkan, berguna untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organik, menekan pertumbuhan bakteri pathogen, menstimulasi enzim pencernaan dan meningkatkan kualitas air pada tambak.



Manfaat :

  • Meningkatkan pertahanan tubuh ikan
  • Meningkatkan pertumbuhan dan size ikan
  • Meningkatkan imunostimulan / daya tahan ikan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ikan sehingga mengurangi penggunaan Antibiotik.
  • Efisiensi energi dan pengelolaan kualitas air
  • Memfermentasi sisa pakan & kotoran
  • Meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih sehingga tidak diperlukan penggantian air berulang-ulang.
  • Menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfide.
  • untuk pakan kutu air / DM
  • Meningkatkan kelangsungan hidup burayak hingga 80 %
  • Mengurangi bau tak sedap pada media cacing sutra bahkan dapat mempertahankan kelangsungan hidup casut hingga 70%

Tips & Trik

Bagai mana cara menggunakan EM4 pada aquarium ...?

EM4 merupakan probiotik (bakteri menguntungkan) yang hidup dalam nuansa anaerobik, sedangkan akuarium memiliki lingkungan yang bernuansa aerobik. Dengan ketidaksesuaian lingkungan hidup ini, maka penggunaan EM4 akan sia-sia yang akhirnya tdk berguna sama sekali, krn bakteri anaerob tdk akan bertahan di dlm lingkungan aerob. 

EM4 biasanya digunakan pada perairan tenang, seperti kolam/ tambak, dimana terdapat ketiadaan arus yang dapat membuat tetap bergejolak. Air di perairan tenang hanya mengalami gerakan vertikal yang disebabkan oleh perbedaan suhu, namun biasanya dgn kedalaman yg cukup tinggi suhu pun tidak sanggup utk membuat air utk begejolak, sehingga ini mempengaruhi kemampuan air utk menjaga partikel utk tidak mengendap. Partikel organik yang mengendap ini kemudian akan mengalami perombakan. Perombakan semula terjadi secara organik, namun ketika persediaan oksigen mulai habis perombakan akan beralih secara anaerob. 

Krn itu biasanya perombakan anaerob hanya terjadi di perairan tenang dan pada bagian dasar perairan. Perombakan anaerob ini akan menghasilkan ammonia, asam sulfat, metana. Dimana zat-zat tersebut dapat memperburuk kualitas perairan. Selain itu, kondisi anaerob cenderung merugikan krn mendukung perkembangan bakteri merugikan. 

Kualitas air yg buruk ini harus diselesaikan agar tidak mempengaruhi ikan2 didalamnya. EM4 diberikan disini dan bertindak untuk mengubah kondisi perombakan anaerob menjadi proses fermentasi, yang secara biologis dan ekologis lebih menguntungkan. Fermentasi akan mengurai bahan organik seperti kotoran, bangkai, atau pun sisa tanaman. 

NB: 
- Di dalam akuarium kotoran tidak akan sempat mengendap dan menumpuk krn kotoran tsb akan terhisap oleh filter mekanik, dan kita pun senantiasa mengganti media filter agar perairan tetap sehat. 
- Kemungkinan EM4 dapat diterapkan hanya pada akuarium dgn menggunkan teknik "Deep Sand Bed'. 
- Untuk mendapatkan/ mempercepat perkembangan bakteri baik (bakteri aerob) dlm akuarium (berguna utk mengubah ammonia mjd nitrit kemudian nitrat) cukup menambahkan/ memindahkan batuan yang berasal dari akuarium lain yang telah mencapai kematangan (mature) yg kamu miliki. 
- Utk mendukung perkembangan bakteri baik dlm akuarium dpt menggunakan filter biologis, seperti Wet/ Dry Filter atau Undergravel Filter (UGF).




1 comment:

  1. min saya memberikan em4 terlalu banyak ke lubukan ikan cupang dan iarnya jadi kaya ada lendirnya, burayak baru usia 1 minggu ini buat mengatasinya gimana ya? sedangkan baru usia dini dan memindahkannnya sedikit sulit

    ReplyDelete